banner 728x250

Nelayan Gaza: Perluasan zona berlayar “tidaklah cukup”

Beritapalestina.com, Gaza – Bagi 4.000 nelayan Jalur Gaza, rencana yang diusulkan Israel untuk membiarkan mereka –sementara waktu- berlayar lebih jauh dari pantai “tidaklah cukup”.

Kepada Al Jazeera para nelayan mengatakan bahwa keputusan Israel untuk sedikit memperluas batas zona penangkapan ikan dari enam menjadi sembilan mil laut atau setara dengan 16 kilometer, yang dilaksanakan pekan ini, kenyataanya hanya akan berdampak kecil.

“Apa pun itu tidak ada bedanya bagi kami,” Nizar Ayash, kepala serikat nelayan Gaza, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Secara ekonomi ini tidak berpengaruh, dan ini hanya aksi publisitas yang digunakan Israel untuk memperbaiki citra mereka secara internasional.”

Perluasan tersebut, yang akan berlangsung selama enam pekan, tidak berlaku untuk kapal-kalap di pelabuhan utara Gaza. Mereka tetap dibatasi pada jarak enam mil laut.

Dikatakan bahwa perluasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi Gaza, yang sangat bergantung pada sektor perikanan.

Namun, penurunan sektor perikanan Gaza justru dirasakan akibat dari kebijakan yang diberlakukan Israel. Pada tahun 2007, setelah Hamas memenangkan pemilihan Hamas dan mengontrol wilayah tersebut, Israel memberlakukan blokade darat, udara dan laut yang ketat di Gaza.

Akibatnya, keuntungan dari ekspor perikanan menyusut, sementara keterbatasan akses terhadap bahan baku membuat sebagian besar kapal tidak bisa direnovasi dan berfungsi maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.