Hamas dan Swiss bahas rekonsiliasi Palestina

Hamas dan Swiss bahas rekonsiliasi Palestina

- in palestina
0
Comments Off on Hamas dan Swiss bahas rekonsiliasi Palestina

Jalur Gaza, SPNA – Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyah,  menerima kunjungan delegasi Swiss yang dipimpin oleh Roland, utusan pemerintah Swiss ke Timur Tengah, termasuk duta besar Swiss untuk Otoritas Palestina dan sejumlah staf kedutaan di Gaza.

Menurut laporan Haniyah, Senin (13/11/2017), Pertemuan tersebut membahas perkembangan rekonsiliasi Palestina dan rekonsiliasi di Cairo baru-baru ini serta penyerahan Otoritas Gaza kepada pemerintahan Palestina.

Haniyeh menekankan bahwa Hamas akan menuju ke Cairo demi menyukseskan rekonsiliasi dan merealisasikan pelaksanaan kesepakatan 2011.

Haniyah memuji peran Swiss dalam upaya pendekatan, terutama isu-isu terkait pegawai dimana Swiss juga menyatakan dukungannya terhadap Mesir untuk mencapai rekonsiliasi.

Sebelumnya di hari yang sama, Swiss menyatakan bahwa sejalan dengan rancangan program Swiss untuk pegawai Gaza maka  Swiss siap membantu Mesir dan faksi Palestina dalam menyelesaikan integrasi pegawai sektor publik di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Senin, Otoritas Palestina menyerukan pengambilan tindakan  cepat untuk meredakan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza, terutama krisis listrik, kesehatan, air, sanitasi dan lingkungan.

Swiss juga menyambut baik kesepakatan 12 Oktober antara Fatah dan Hamas, yang disponsori oleh Mesir, serta membuka jalan bagi Otoritas Palestina untuk mengambil tanggung jawab penuh di Gaza.

“Kesepakatan tersebut merupakan langkah penting untuk mencapai persatuan di bawah satu otoritas nasional Palestina yang sah dan demokratis berdasarkan platform PLO dan sesuai dengan kesepakatan yang ada,” Kata delegasi tersebut. (T.RS/S:PIC)

You may also like

Netanyahu: Israel dan Mesir bersama hadapi “teror Islam radikal”

Netanyahu: Israel dan Mesir bersama hadapi “teror Islam